Rabu, 12 November 2014

Hati-hati dengan Komunitas Menulis!


Agak terhenyak ya membaca judulnya? Judul di atas memang terkesan menyudutkan keberadaan komunitas menulis yang akhir-akhir ini semakin menjamur. Tapi suerrrr… bukan itu maksudnya!

Banyaknya komunitas penulisan memang sangat menggiurkan bagi kami para pecinta dunia menulis dan blog. Bukan tanpa alasan kami ingin terlibat pada banyak komunitas dan grup penulisan. Hal itu karena kami ingin mempunyai kesempatan lebih luas untuk belajar.

Pada komunitas penulisan kami kerap mendapatkan ilmu yang selama ini kami tak pernah tahu. Disamping itu semangat dari orang yang mempunyai passion sama membuat kami merasa bahwa kami tidak sendiri. Saat kesulitan-kesulitan dalam proses pembelajaran penulisan itu bertubi-tubi mencoba menghentikan langkah kami, kami tidak serta merta berputus asa.

Para penulis senior dan para blogger yang telah lama malang melintang di dunia maya adalah guru kami. Terima kasih banyak untuk ilmunya. Maaf jika kami khususnya saya sering datang tak diundang dan pulang tanpa kabar (alias tidak meninggalkan jejak). Setelah ini mudah-mudahan akan ringan jari ini untuk meninggalkan jejak komentar di tulisan para guru semua. J

Tapi mengapa saya mengatakan harus hati-hati terhadap banyaknya komunitas penulisan? Itu tak lain semata-mata karena keterbatasan saya sebagai manusia. Tak banyak waktu yang bisa saya lakukan jika saya harus mengikuti begitu banyak kelompok dan grup penulisan. Yang ada saya malah asyik blogwalking. Terus kapan saya nulisnya? Hehehe

Jadi menyikapi banyaknya komunitas dan grup penulisan itu baiknya kita tahu dulu gaya tulisan kita. Mungkin ada yang mempunyai gaya penulisan sastra, suka dengan penulisan ilmiah, atau yang lainnya. Nah itu bisa jadi filter untuk kita memilih komunitas penulisan yang mana yang harus kita ikuti.
Komunitas penulisan itu semuanya sangat bagus, keren dan menggiurkan bagi para pecinta penulisan. Tetapi hati-hati, jika kita melahap semuanya, bukan tulisan yang kita hasilkan tapi hanya mimpi yang berkepanjangan. Salam semangat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar