Selasa, 10 Februari 2015

Mengatasi Malas

Akhir-akhir ini malah males … , padahal banyak kerjaan dan tanggung jawab serta target yang tentunya harus diselesaikan. Nah lho, tapi kok malah bawaannya santai … ga mau ngelirik tumpukan tugas itu. Merenung (lebih tepatnya ngelamun…) tentang apa yang sedang terjadi dengan diri ini? Mengapa disaat banyak yang harus dikerjakan kok malah semangat ngedrop gilak … !
Karena pingin keluar dari zona malas itu, saya coba-coba tarik akar permasalahannya. Mengapa tubuh dan pikiran seolah tidak mau bekerjasama untuk menyelesaikan rentetan tugas yang sudah semakin menumpuk. Hmmm … ternyata banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi malas atau kehilangan semangat untuk beraktivitas.
Dari beberapa sumber terdapat beberapa penyebab menghilangnya semangat dalam diri yaitu:

Lelah atau kurang istirahat
Stamina menurun
Ada gejala sakit
Factor usia atau fisik
Ada masalah


Meskipun begitu, ada kok solusi untuk permasalahan yang kita hadapi seperti telah disebutkan diatas. Berbagai penyebab menurunnya semangat itu dapat diatasi dengan melakukan hal-hal sebagai berikut:

Istirahat yang cukup dan jangan bergadang jika memang tidak ada perlunya … (hehehe…pas banget kan dengan lagunya bang Haji)
Makan makanan yang bergizi dan cukup dalam berolahraga. Tepiskan rasa malas saat akan menggerakkan tubuh untuk berolahraga
Segera berobat untuk mengurangi gejala sakit yang dapat mempengaruhi stamina dan semangat
Segera selesaikan masalah-masalah yang mengganggu pikiran kita. Satu per satu masalah diselesaikan dan jangan menganggap masalah sebagai beban tetapi anggap sebagai tantangan yang harus segera diselesaikan.


Apapun penyebab menurunnya semangat, maka secara umum bisa diatasi dengan beberapa hal sebagai berikut:

Segera selesaikan permasalahan yang dihadapi secara bertahap. Dan jangan melarikan diri dari masalah karena hal itu tidak akan menyelesaikan masalah justru semakin menambah masalah baru
Paksakan diri untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan
Jadikan rasa terpaksa sebagai suatu kebiasaan
Jadikan kebiasaan sebagai motivasi
Jadikan motivasi untuk mendisiplinkan diri


Jadi kata kuncinya adalah memaksa diri untuk menjadi disiplin. Semoga tulisan ini dapat membantu menghilangkan rasa malas dari dalam diri.


Sumber: https://psikologi2009.wordpress.com/2012/02/01/psikologi-bagaimana-cara-mengatasi-semangat-yang-menurun/

2 komentar:

  1. Bener, Mbak.. Memang harus menjadi orang yang disiplin dan konsisten ya.. :D

    BalasHapus
  2. Yup betull, makasih banyak udah mampir :)

    BalasHapus