Sabtu, 13 Desember 2014

Menyiapkan Liburan


Liburan akhir semester dan akhir tahun sudah di depan mata. Anak-anak riang bukan kepalang. Membayangkan bebasnya hari-hari mereka tanpa tumpukan tugas, PR dan belajar. Tetapi saya kok malah agak riweuh mempersiapkannya. Hehehe. Karena saya tidak ingin liburan anak-anak hanya diisi dengan rutinitas yang kurang bermanfaat. Saya memang berusaha membuat anak-anak tidak semakin jatuh cinta dengan TV dan gadget. Penyebab mengapa saya menghindari kedua piranti tersebut tentu tidak perlu saya sebutkan karena sudah banyak ahli yang menyarankan dan memberi penjelasan mengenai hal tersebut.

Lalu bagaimana agar waktu liburan yang cukup panjang itu dapat berkesan bagi anak-anak tetapi juga ada efek positif khususnya bagi mereka. Karenanya saya coba ngubek-ubek artikel tentang liburan dan inilah hasilnya yang telah saya sesuaikan dengan kebutuhan keluarga kami:

1.   Isi liburan dengan kegiatan yang menunjang kreatifitas anak misal membuat kerajinan tangan bersama-sama. Belum lama ini anak-anak mendapatkan ketrampilan di sekolahnya yaitu membuat gantungan kunci dari kain flannel. Cobain di rumah dengan anak-anak kayaknya seru.

2.   Mengunjungi kakek nenek dan sanak saudara.

3.   Berenang.

4.   Bermain sepeda

5.   Berlatih menulis dan membuat cerita dengan ide dari membuat kata benda, kata kerja dan kata sifat untuk kemudian dapat dijadikan sebagai premis (ide dasar cerita)

6.   Tetap membaca minimal 1 buku dalam sehari

7.   Murojaah (hapalan surat-surat dalam Al Quran) agar tidak terlupa

8.   Sedikit mengingat pelajaran dengan mengajak anak menghafal perkalian 1 sd 100. Liburan bukan berarti haram menyentuh dan mengingat kembali pelajaran kan?

9.   Memasak bersama dengan anak-anak

10.      Hari Minggu diajak ke kajian yang diadakan di salah satu masjid kampus di kota kami

11.      Berkebun

12.      Berbagi tugas di rumah

13.      Berolahraga bersama anak-anak misalnya senam bareng anak-anak

Itu tadi catatan saya untuk mempersiapkan liburan yang berkesan untuk anak-anak. Pilihan kegiatan di atas semoga dapat membuat liburan anak-anak tidak terasa membosankan sehingga tidak hanya diisi dengan menonton TV dan bermain game. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar