Rabu, 10 Desember 2014

Perjalanan Menuju Kebahagiaan


Dulu ketika saya masih remaja, saya mempunyai mimpi bahwa saat dewasa nanti saya ingin menjadi wanita karier. Pokoknya menjadi wanita yang bekerja di kantor, yang berangkat pagi pulang petang. Pagi-pagi sudah wangi, cantik dan keren. Memakai pakaian kerja setiap hari. Dan tentunya mempunyai penghasilan “lumayan”. Kala itu sepertinya saya lupa, bahwa impian terpendam saya yang lainnya adalah mempunyai keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Menjadi ibu yang mendampingi dan menjadi saksi proses perjalanan hidup anak-anak saya.

Hingga beranjak dewasa lha kok usaha yang saya lakukan tanpa saya sengaja lebih condong mengarah mimpi saya yang kedua. Saya lebih tertarik dengan kegiatan-kegiatan untuk mempersiapkan peran saya sebagai seorang istri dan ibu, dari pada kegiatan yang menuntun saya menjadi wanita karier. Hingga waktu mempertemukan saya dengan bapaknya anak-anak. Jadilah impian saya yang kedua lebih cepat terwujud dari pada mimpi lainnya.

Tak berapa lama, lahirlah anak-anak melengkapi rajutan mimpi saya. Perjalanan hidup saya menjadi lebih semarak, dan mimpi saya yang pertama semakin tertinggal di belakang. Tertutup oleh canda, tawa, rengekan, tangisan dan hiruk pikuk keseharian saya sebagai istri dan ibu. Tak terlalu banyak penyesalan, selain perasaan “berhutang” pada orang tua.

Kedua orang tua saya beranggapan, anak yang mereka sekolahkan haruslah menjadi wanita mandiri yaitu wanita karier. Berbagai upaya saya lakukan untuk dapat memberi pengertian pada mereka. Bahwa menjadi seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja, bukan berarti tidak membutuhkan kepintaran dan kecerdasan. Saya harus sering mengulang-ulang perkataan bahwa inilah tanggung jawab saya sekarang. Hingga lambat laun, mereka mulai bisa memahami keinginan dan cara bersikap saya.

Terima kasih untuk pengertian kalian. Putri kecil kalian ini telah dewasa dan tidak ingin mengecewakan kalian, dia hanya sedang mewujudkan mimpi-mimpinya dengan caranya. Semoga kalian merestui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar