Kamis, 12 Oktober 2023

Terimakasih untuk berkata Tidak

 

“I am thankful for all of those who said NO to me. It’s because of them I’m doing it myself.” -Wayne W. Dyer

Sebuah kalimat bijak di atas mengutarakan rasa terima kasih kepada siapa saja yang menolak membantunya atau memberikan penolakan terhadapnya. Tanpa disadari sering juga kita mengalami hal serupa. Saat kita membutuhkan bantuan oang lain, ee..dengan entengnya orang tersebut mengatakan tidak mau membantu dengan bermacam alasan. Kecewa, marah dan sedih karena merasa disaat kita membutuhkan bantuan ternyata tidak ada yang mau menolong kita. Bahkan orang terdekat juga mungkin enggan mengulurkan tangannya untuk kita.

Ternyata meski hal tersebut pahit dan mengecewakan tetapi jika kita bisa menyikapi dari sisi yang berbeda akan terasa nikmatnya. Seperti yang tertulis di awal tadi, bahwa penolakan pemberian bantuan memaksa kita mengerjakan segala sesuatu sendiri. Jika awalnya dirasa sulit atau bahkan tidak mungkin, maka setelah memaksakan diri akhirnya bisa selesai juga. Sehingga tanpa sadar kita telah melampaui batas kemampuan kita. Yang itu artinya kita telah berhasil keluar dari zona nyaman. Ternyata bisa, dan harusnya berbagai pengalaman mengerjakan segala sesuatu sendiri, lalu memaksa diri melakukan sesuatu di luar kebiasaan dan kebisaan kita maka akan dapat meningkatkan rasa percaya diri kita juga. Ternyata kita bisa ya. Lalu sedikit demi sedikit mengurangi rasa pesimis saat akan mencoba melakukan sesuatu yang baru lagi.

Lalu sekali lagi kita disadarkan, bahwa ketidaksediaan orang lain dalam memberikan pertolongan atau bantuan kepada kita tetaplah atas ijin dan takdir Allah SWT. Lalu kita ingat lagi, tidak ada yang sia-sia dari setiap skenario yang Allah buat untuk kita. Banyak hikmah dan kebaikan jika kita bisa dan mau menyadarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar