Kamis, 12 Oktober 2023

Gerak Aja Terus

 “Lebih baik bertempur dan kalah daripada tidak pernah bertempur sama sekali. ” -Arthur Hugh Clough

Kalimat bijak di atas mengingatkan kita untuk tidak takut mencoba. Jika nantinya gagal maka bukan masalah yang harus disesali. Gagal karena pernah mencoba tentu lebih baik, daripada tidak pernah tau rasanya gagal karena tidak pernah mencoba. Jadi mungkin maksudnya jika kita punya mimpi atau cita-cita segera lakukan aksi untuk mewujudkannya. Lakukan apa saja yang bisa mendekatkan kita dalam mewujudkan mimpi itu. Mimpi atau cita-cita jika masih dalam angan-angan dan rencana menjadi tidak ada gunanya.

“Write it. Shoot it. Publish it. Saute it. Whatever. MAKE.” -Joss Whedon

“Gak usah banyak mimpi, gerak aja terus.”-Mal Jupri

Dari dua kalimat bijak tadi semakin menekankan bahwa sudah cukup kamu berminpi, sekarang saat untuk menggapainya. Jika kamu bercita-cita menjadi penulis, maka langkah yang harus ditempuh adalah lebih banyak membaca dan menjadikan menulis menjadi kebiasaan dan latihan setiap hari. Tidak boleh ada kata malas, banyak pekerjaan lain dan berbagai alasan lainnya. Tidak ada pilihan lain Baca dan Tulis. Sembarang apapun boleh kamu tulis. Dari tulisan yang tidak penting dan mungkin hanya keluhan itu, jika setiap hari kamu membiasakan otak dan jarimu bekerja untuk menulis. Maka entah nanti tulisan yang keberapa yang akan bermakna. Tapi jika tidak pernah ada tulisan yang kamu buat, maka selamanya tidak akan ada dari tulisanmu yang memberi makna baik untuk dirimu apalagi untuk dunia.

Jika kamu bercita-cita menjadi pengusaha maka, berlatih membuat usaha kecil-kecilan juga bisa dicoba. Dengan modal seadanya yang dimiliki, lalu mulai berjualan. Pasti akan ada kesalahan, tetapi dari kesalahan-kesalahan itu kita akan belajar untuk kemudian meningkatkan kemampuan dalam berjualan sehingga usaha menjadi semakin berkembang dan besar.

Apapun cita-cita dan mimpimu, tidak pernah berhenti belajar adalah salah satu kunci. Membuka cakrawala seluas-luasnya. Mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Sekarang banyak cara untuk bisa mendapatkan ilmu. Berbagai sarana tersedia kita tinggal mau mengambilnya atau tidak. Lalu disiplinlah, komitmen dalam setiap pekerjaan yang sudah dimulai. Evaluasi lalu tingkatkan lagi. Dengan begitu semoga cita-cita dan mimpi itu lebih mudah dicapai.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar