Sabtu, 02 Mei 2015

Dilema Mukena

Cerita ini terjadi saat saya kuliah. Waktu itu mukena parasit mulai ngetrend. Pas juga seorang teman menawari saya sebuah mukena. Karena tertarik dan juga bisa digunakan untuk gonta-ganti maka saya ikut memesan mukena berbahan parasit tersebut.

Selang beberapa minggu, mukena yang ternyata harus nunggu proses jahit itu sampai juga di tangan. Dan saya baru pertama kali itu bisa melihat dan memegang langsung mukena yang saat itu sedang sering menjadi pembicaraan. Yang katanya praktis, ringan dan enak dibawa-bawa.

Eh tetapi saya kok justru merasa ada yang kurang dengan mukena baru saya itu. Saya raba ... benar ini berbahan parasit, terasa kresek-kresek dan agak kasar. Memang terasa ringan, tetapi kok tipis dan menerawang. Bagaimana saya akan sholat kalau begini? Wah pasti akan sangat ribet, karena saya harus melapisi mukena itu dengan baju dan rok panjang beserta jilbabnya supaya aurot saya selama sholat tidak terlihat. 

Saat untuk bepergian atau jalan-jalan mungkin enak, karena saya sudah mengenakan pakaian menutup aurot lengkap dengan kaos kaki. Tetapi saat di rumah dengan baju santai, berarti saya tidak bisa dong memakai mukena itu kecuali setelah saya balut tubuh saya dengan baju tertutup. Kok jadi terkesan ribet ya, sedangkan saya lebih sering di rumah. Maksud saya beli mukena itu kan bukan hanya untuk dipakai jalan-jalan. Begitu pikir saya waktu itu.

Ah dari pada tidak terpakai, mukena ini harus sedikit dimodifikasi, tercetus ide di kepala saya. Masalahnya yaitu mukena itu terlalu tipis, jadi bagaimana caranya agar sholat tidak kelihatan aurotnya tetapi tetap praktis. Akhirnya saya obrak-abrik lemari dengan harapan menemukan sesuatu yang dapat membantu saya memodifikasi mukena baru itu. Aha! Saya menemukan beberapa lembar jilbab putih, peninggalan jaman SMA dulu. 

Sewaktu SMA saya membuat jilbab beberapa lembar di penjahit. Jilbab itu berbahan katun agak tebal. Karena modelnya yang polos, jilbab itu sudah tidak pernah saya pakai lagi. Nah, pilihan tepat nih *langsung keluar gambar lampu bohlam dari kepala saya. Mukena parasit itu akan saya lapisi dengan jilbab putih semasa SMA. Ohohoho ...

Butuh waktu beberapa hari untuk melapisi mukena saya itu. Karena saya menjahitnya sendiri tanpa mesin alias saja jahit menggunakan tangan. Susah? Tentu tidak, kan saya tinggal mengikuti alur jahitan yang sudah ada di mukena itu hehehe ...

Dan jreng-jreng! Jadilah mukena harapan saya. Mukena yang tidak menerawang dan praktis tentunya. Saya puas memandangi hasil kerja saya. Langsung dong ya saya cuci agar dapat segera dipakai.

Mukena pun sudah wangi dan rapi setelah tak lupa disetrika. Tiba waktu sholat, saya bersemangat sekali karena ingin mencoba mukena hasil kreasi sendiri. Hmmm ... mematut-matut diri di cermin ... tidak tipis, tubuh yang terbalut mukena sama sekali tidak menerawang, siiip. 

Tapi kok berasa agak gerah ya dan sholat juga tidak nyaman. Yup betul, penyebabnya tentu saja karena mukena yang terlalu tebal dan berat sehingga badan cepat merasa gerah dan tidak nyaman saat sholat. Ah mungkin belum terbiasa, pikir saya. Lah ... lama-lama kok tetap mengganggu kekhusyukan *kayak sholat yang paling khusyuk ajah.

Akhirnya, setelah lama berusaha beradaptasi dengan mukena itu dan tidak berhasil, tidak ada pilihan lain. Saya rombak lagi mukena itu, dilepas lagi dobelan jilbab yang mengelilingi mukena. Tapi kan tidak gampang dong, bongkar pasang jahitan meski itu sekedar jahitan tangan. Apalagi saya menjahitnya dengan tujuan tidak mudah terlepas benangnya, bisa dibayangkan bagaimana usaha saya untuk membuat benang itu tidak mudah terlepas. Iyes, saya simpul di mana-mana disepanjang jahitan ^_^

Lalu apakah saya berhenti dan menyerah begitu saja? O tentu tidak, masih banyak jalan lain yang bisa dicoba. Saya cari-cari gunting. Dan tahu apa yang saya lakukan dengan jilbab itu? Ya Anda betul! Saya gunting pinggiran jilbab yang berada di bagian paling dekat dengan jahitan. Kreeeeeek ... 


Dan berhasil! Sekarang mukena saya kembali tipis dan ringan dengan tambahan jahitan dan sisa jilbab sebagai penguatnya. Tersenyum puas lagi aja.




6 komentar:

  1. hihi..bongkar pasang ya Mak? kerja dua kali dong? :D

    BalasHapus
  2. mukena berbahan parasut mungkin yang mbak maksud :) aku juga punya model mukena kayak gitu, adem sih tapi memang nerawang.. andai mbak tampilin gambarnya, mungkin aku bisa praktekan juga di mukena aku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya ya maksudnya memang mukena berbahan parasut. Karena orang Jawa biasanya menyebut mukena parasit jadi keterusan *hehehe ngeles.

      Mau difoto, mukenanya masih dirumah Ibu tidak ikut dibawa waktu pindah ke rumah sendiri hehehe. Terima kasih sudah mampir

      Hapus
  3. Wah keren bisa modifikasi sendiri. :D

    Kalok aku uda ngga pakek mukena berbahan parasut lagi, Mbak.. Pakeknya yang dari kain tebel tapi tetep adem kalok dipakek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mukena sekarang udah banyak yang nyaman dipakai

      Hapus