Senin, 17 Maret 2014

Sebuah Paradox, Kemajuan TI dan Peningkatan Peluang Terjadinya Kejahatan

Sebuah Paradox, Kemajuan TI dan Peningkatan Peluang Terjadinya Kejahatan

Seperti dua belah mata pisau, kemajuan Teknologi Informasi dapat membawa kemajuan peradaban tapi disisi lain juga membawa dampak terhadap meningkatnya tingkat kerawanan dan kejahatan khususnya dari dunia maya. Seperti yang diberitakan akhir-akhir ini bahwa kejahatan di dunia maya meningkat 4 kali lipat dari tahun sebelumnya dan berada di urutan kedua setelah kejahatan narkoba. Tingkat kejahatan dalam dunia maya dari yang berupa penghinaan, pelecehan, penipuan sampai dengan penculikan, perkosaan dan pembunuhan. Kemudahan dalam menjangkau dan menggunakan Teknologi Informasi dalam hal ini khususnya internet menjadi salah satu pintu maraknya kejahatan di dunia maya tersebut.


Para korban kebanyakan para pengguna media social, hal ini karena media social merupakan salah satu target utama kejahatan dunia maya, disamping karena media social sudah merupakan gaya hidup dan mengarah menjadi kebiasaan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bahaya penipuan melalui media social telah memakan korban sebanyak 40 % pengguna media social di dunia. Dan segmentasi pelapor yang menjadi korban dunia maya (dunia cyber) pun kebanyakan dari kalangan berpendidikan dan dari kalangan menengah ke atas. Jika diamati dari penggunaan layanan social media yang tidak hanya menjadi santapan masyarakat berpendidikan dan masyarakat kelas menengah ke atas, besar kemungkinan kejahatan yang terjadi dan dialami oleh masyarakat menengah ke bawah dan kurang berpendidikan tidak dilaporkan kepada pihak yang berwajib.


Penyebab tidak dilaporkannya pengalaman kejahatan yang didapat dari dunia maya (cyber crime) bisa karena kurangnya pengetahuan, tidak sadar bahwa telah menjadi korban kejahatan atau bahkan perasaan malu jika pengalamannya diketahui orang lain. Hal ini menuntut adanya tindakan responsif dari seluruh kalangan baik akademisi, praktisi Teknologi Informasi maupun pemerintah untuk dapat mensosialisasikan peluang kejahatan dari dunia maya serta cara penanggulangan dan pencegahannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar